Kamis, 05 Maret 2009

Kesaksian

Syalom . . . .

Jika teman2 rindu untuk berbagi cerita tentang pelayanan sekolah minggu suka dika, kendalanya dan seputar kegiatan sekolah minggu di gerejanya gabung aja di blog ini.
Kiranya kesaksian teman2 bisa saling menguatkan, mengisi dan menjadi berkat buat semua pelayan anak di indonesia.
Tuhan membekati

"Karena bagiku hidup adalah kristus dan mati adalah keuntungan. Tetapi jika aku harushidup di sunia itu berarti bagiku bekerja memberi buah." ( Filipi 1 :21-22a)


Rismawati.p@gmail.com ( HKBP Maranatha - Cilegon )
Saya melayani di HKBP Cilegon sejak th 2001. HKBP Cilegon berlokasi di pusat kota Serang ( gabung dengan HKBP Resort Serang ) Jumlah Anak sekolah minggu sekitar 500 org dengan lokasi sekolah minggu berada per wilayah/sektor. Jumlah sektor sekolah minggu ada 13 sektor dengan 20 guru sekolah minggu.
Pertama kali saya melayani HKBP Cilegon di sektor Merak. Jumlah data anak di sektor tsb 40 org tapi saat itu yang rajin sekolah minggu hanya 20 org. Saya sering bertanya ," dimanakah yang 20 jiwa lagi?"
Pada saat itu pergumulan saya yaitu kurang bisa bercerita menyampaikan pesan firman kepada anak-anak.
Dan saya merasa pelayanan saya tidak bisa berbuah apa-apa. Dan saat itu juga saya menaikan permohonan doa,"jika Tuhan pakai saya untuk melayani dimerak, saya ingin bisa menjadi berkat terlebih iman saya bertumbuh, dan saya rindu Tuhan taruh bukan hanya 20 org yang datang tiap minggunya tapi semua anak di sektor itu bisa rajin tiap minggunya."
Seiring berjalannya waktu, Tuhan mulai mengubahkan beberapa karakter saya yang mudah tersinggung jadi pemaaf, sabar dan sifat yang egois menjadi peduli terhadap sekitarnya. Bahkan Tuhan mulai memperlengkapi saya dengan berbagai pengetahuan metode bercerita dan bagaimana menjadikan suasana sekolah minggu jadi menarik sehingga pesan firman Tuhan itu bisa sampai ke anak-anak. bahkan yang ssemula saya tidak mempunyai basic seni dalam musik, menari, drama, menulis dll Tuhan perlengkapi itu semua untuk dapat mempersembahkan pelayanan yang terbaik buat Tuhan.
Jadi buat teman2 semuanya ada beberapa hal yang ingin saya bagikan disini :
1. Buat teman2 GSM yang baru melayani atau yang sudah lama melayani tapi merasa pelayanan kok gitu
aja ya . . . jangan berkecil hati TUhan tidak melihat bagusnya kita bercerita, kreaktifitas yang kita buat shg
anak-anak menjadi kagum dan terbengong-bengong tapi Tuhan melihat buah dari pelayanan kita.
2. Ingat : bukan karena kepandaian, kekuatan pelayanan bisa berhasil tetapi dengan mengikut serta
kan Tuhan dalam pelayanan pasti akan berbuah lebat. Jadi jangan lupa tetap luangkan waktu di
tengah kesibukan pelayanan kita untuk menjaga hubungan pribadi kita dengan Tuhan. ( Ingat cerita
Maria dan Marta, marta sibuk untuk melayani Tuhan dengan memasak tetapi Maria duduk diam di
bawah kaki Tuhan, dan Marialah yang paling dikehendaki Tuhan )
3. Periksa kembali motivasi sebagai guru sekolah minggu, karena itu adalah modal utama dalam
pelayanan. Jika motivasi salah pasti pelayanan kita tidak awet, mudah tersinggung, mudah kecewa dan
akhirnya keluar dari pelayanan sekolah minggu.

Selamat Melayani - GBU



Selamat malam papa . . . .

Disuatu malam yang cerah, sehelai kartu biru melayang-layang di udara. Seorang malaikat mengamat-amatinya, Malaikat tsb tersenyum dan membaca tulisan yang ada di baliknya.
Untuk papa tercinta di surga, dari anakmu tersayang di bumi, selamat malam papa . . . .
Seuntai kalimat tertulis di bawahnya, " O Tuhan, ijinkan aku bertemu papa pada malam yang indah ini . . ." Malaikat tsb memandang ke bumi jauh kebawah, lalu turun tepat pada sebuah rumah. Malaikat itu berdiri di luar jalan dan memandang seorang gadis kecil yang sedang tertidur pulas. Malaikat tersenyum, lalu memandang daun jendela perlahan-lahan lalu masuk kedalam kamar. "Monic" bisiknya kepada gadis kecil tsb. Namun monic tetap tertidur pulas sambil tersungging senyuman. "Monic" bisiknya sekali lagi sambil mengelus rambut monic, "alangkah nyenyak tidurmu dan betapa indah mimpi yang edang engkau nikmati, ya . . ya . . engkau boleh bertemu dengan papamu malam ini . . . lihatlah papamu datang . . . ulurkan tanganmu!" Dan monicpun mimpi bertemu dengan papanya yang selama ini belum dikenalnya. papanya tersenyum sambilmengulurkan kedua tangannya, lalu mengangkat tubuh monic dan mengajaknya ke suatu tempat. "selamat malam anakku." kata sang papa sambil mengelus rambut monic. Monic menatap wajah papanya yang selama ini hanya dikenal melalui foto saja. Wajahnya yang tampan, rambutnya yang berombak, hidungnya yang mancung, matanya lembut dan tampak jiga senyuman kebahagiaan.
Sang papa mengajak monic ke suatu taman yang sangat indah. Bunga warna-warni bermekaran harum menyebar ke seluruh tempat tersebut mengelilingi taman itu dan suara gemercik air menambah suasana yang indah dan teduh. Papa mengajak munic untuk duduk di dekat salah satu aliran mata air tsb. Lalu sang papa membacakan sebuah alkitab, "jika nanti tempat kediaman kita di bumi dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat yang indah di surga bagi yang mengasihi dan setia padaNya. dimana merupakan suatu tempat yang kekal yang tidak dibuat ole tangan manusia, dan selama kita di tempat tsb tidak ada keluhan, tangisan yang ada hanyalah kebahagiaan, sukacita dan damai
"wah asyik sekali, monic mau ke tempat tsb dan monic janji akan mengasihi Allah dan setia padaNya. Dan malam itu monic sangat bahagia sekali.
Dan akhirnya, tibalah monic harus pulang. Dan saat itu malaikat menggoyang-goyangkan tubuh monic.
hari telah pagi, saat monic membuka mata, monic mendapati dirinya masih tergolok di ranjang. papa tak ada di dekatnya. papa telah berada di rumah Tuhan. tak terasa air mata monic menetes di kedua pipinya. Tapi itu bukan lagi airmata kesedihan tapi airmata bahagia. Tuhan sudah mengabulkan doa monic.



Jauh di rumah Allah
papaku berada,
Tak terjangkau olehku
Karena kefanaanku
Jauh di rumah allah
Papa berada,
Tentram dan damai
Dalam pangkuanNya . . . .




Cerita ini sangat menguatkanku, bahwa papaku sudah berada di rumah Allah.
dan cerita ini juga telah menghiburku karena walaupun aku sejak kecil belum pernah mengenal kasih seorang papa tapi papa pasti memperhatikanku dari surga dan dia akan tersenyum bangga jika aku dapat menjadi orang yang diharapkan dan menjadi seorang yang tegar dalam menjalani hidupku karena hanya aku satu-satunya anak yang disayanginya. Apalagi jika aku mau memberikan hidupku sepenuhnya buat Tuhan. pasti papa merasa bahagia sekali. Sekarang aku tidak pernah lagi merasa kesepian, sedih, karena aku juga mempunyai seorang Bapa yang jauh lebih-lebih baik dan mengasihiku menjagaku senantisa yaitu YESUS.




PUJIAN YANG MEMBERIKAN KELEGAAN

Dalam hidup pasti kita banyak mengalami suatu pergumulan, disitulah kita diuji kedewasaan rohani yang bisa dilihat dari bagaimana kita menyikapi setiap pergumulan yang kita alami.
Saat itu saya mengalami permasalahan yang dimana tidak ada seorangpun yang tahu kalau saya sedang menghadapi masalah berat. dan saya merasa sudah berada di ujung jurang tapi saya selalu yakin berdoa bahwa Tuhan akan menolong saya , tapi kapan. . ???? saya agak ragu tapi akhirnya saya dikuatkan dengan sebuah pujian dari buku ende buku lagu HKBP " Tuhan Jesus siparmahan " Lagu itu benar-benar menyentuh hati saya dan memberikan kelegaan dan keyakinan pasti bahwa Tuhan akan segera buka jalan buat permasalahan saya. Dan inilah lagu favorit saya disaat sedang mengalami pergumulan bahkan disaat saya menyanyikan lagu ini airmata saya pasti akan berlinang mengingat setiap kebaikan Tuhan dalam hidup saya. Inilah kata-kata yang tersirat dalam lagu tsb . . . . .

Tuhan Jesus siparmahan, au birubiruna do
Jesus gok di ho rohangku, sai ihuthononku Ho
Jumpa masa sorimago, tung pangapul Ho gogo
Ia bagasmi huida, sai ihuthonoku Ho

Kaulah Yesus gembalaku, aku ini dombaMu
Yesuslah idamanku, aku ikut padaMu
Bila hidupmu merana, kau menghibur hatiku
Bila jalanmu kulihat, aku ikut padaMu








Tidak ada komentar:

Posting Komentar