Minggu, 08 Maret 2009

Seputar kegiatan

Bingung mo buat acara untuk jumat agung dan paskah????. . . gimana ya supaya acaranya bisa sangat berkesan buat anak-anak apalagi kalau pesan firmanNya bisa sampai ke anak-anak. . . Wouw . . wouw . . .!!!

ada beberapa trik acara . . .!!!


JUMAT AGUNG = KEMATIAN YESUS . . . . . . .

1. Wisata Rohani (jalan salib) Outdoor

wah pasti anak-anak asyik tuch jika diajak jalan-jalan . . . apalagi jika kita bawa anak-anak berpetualang . . maksudnya jalan salib supaya bisa merasakan secara langsung bagaimana penderitaan Yesus menuju kayu salib . . pasti membawa kesan yang dalam.
Acara ini pernah aku buat di tempat sekolah minggu walaupun sekolah minggunya dari HKBP tapi tidak ada salahnya kita buat . . . asyik aja . . sangat brkean sekali buat anak sekolah minggu dan orangtuanya
Tempat-tempat untuk acara jalan salib :
* Banten - Gua Maria Rangkasbitung
* Semarang - Gua Maria Ambarawa
* Yogya - Gua maria sendangsono magelang
Kita mengadakan petualangan melewati jalan-jalan yang terjal , hutan , benar-benar alami rintangan yang kita hadapi . . kita bisa merasakan bagaimana perjalanan Yesus yang begitu melelahkan dan menyakitkan.
Kita mengadakan jalan salib dengan melewati 14 tempat perhentian saat jalan salib. Setiap kita menuju tiap -tiap tempat perhentian tersebut kita bersama-sama merenung sejenak dan menaikkan doa. Setelah acara jalan salib diadakan ibadah refleksi penyaliban Yesus. Dengan susana tenang dan teduh anak-anak mendengarkan refleksi penyaliban kristus dan apakah kita juga termasuk orang-orang yang telah ikut menyalibkan Yesus???? karena jika kita membenci teman kita, memukul teman kita berarti kita sama saja telah ikut mencambuk Yesus.. . . Suasana saat itu benar-benar membuat terhanyut dalam kesedihan karena ternyata begitu banyak dalam kehidupan kita bersikap sama seperti orang-orang yang telah menyalibkan Yesus saat itu. Dan disitulah kita sama-sama mengakui semua kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat karena kita berjanji tidak mau lagi menyalibkan Yesus yang kedua kali.
Setelah acara tersebut kita sama-sama buat perjanjian untuk semakin cinta Yesus , setia dan taat padaNya dengan menuliskan tanda tangan di sehelai kain putih panjang.
Jadi teman- teman kalau ingin buat acara seperti ini tetapi jauh dari lokasi . . . . kita bisa cari lokasi seperti daerah perbukitan, perkemahan . . . lebih asyik lagi kalau guru sekolah minggunya bersama-sama anak sekolah minggu membawa 1 salib yang agak besar tapi jangan terlalu berat yang akhirnya akan ditancapkan di atas perbukitan dan anak-anak mengelilingi salib tsb.
Memang kalau kita lihat acara ini sudah biasa dilakukan pada ibadah jumat agung katolik tapi tidak ada salahnya kita buat acara ini untuk anak-anak sekolah minggu.
Pesan FirmanNya . . .
Apakah hidup kita sudah mencerminkan bahwa kita sudah mengasihi Tuhan atau
menyalibkan Tuhan yang kedua kali ????


2. Refleksi salib kasih (indoor)

Acara ini dibuat dengan model adegan yang dilakonkan anak sekolah minggu dari perjamuan terakhir sampai Yesus berdoa di taman getsemani.
Format acara sbb :
Prolog 1 Begitu baikNya Engkau Tuhan, Engkaulah raja dalam hidupku
Engkaulah yang telah menyembuhkan segala sakitku
Engkaulah yang telah menghiburkan segala kesedihanku
Dan Engkau jugalah yang mengangkat segala beban dosaku
Sungguh Engkau baik tuhan, amat baik, dan sangat teramat baik
Kasihmu tak tertandingi di dunia ini
kasihmulah yang telah menyelamatkanku
Prolog ini sambil diiringi lagu " Amazing Grace "

Prolog 2 Di malam perjamuan terakhir, Engkau telah memberitakan segala kesengsaraan dan
penderitaanMu, Engkau memberikan hidupmu untuk kami yang hina ini.

"Inilah tubuhku yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi peringatan bagi AKU, dan cawan ini adalah perjanjian baru oleh darahku yang ditumpahkan bagi kamu." ( anak berperan sebagai Yesus )

Prolog 3 " Ya Bapaku, jikalau sekiranya mungkin cawan ini lalu daripadaku, tetapi janganlah seperti yang kukehendaki melainkan seperti yang Engkau kehendaki." (diiringi lagu " salibMu " )

Refleksi kasih
Menceritakan bagaimana Tuhan telah mengasihi kita dengan rela memberikan nyawaNya buat menebus dosa, apakah balasan yang telah kita berikan buat Tuhan???? . . . Apakah kita sudah benar-benar mengasihinya ??? Dalam hal ini kita bisa memperagakan . . . kita memberikan kepada anak-anak selembar kertas dengan gambar orang yang cemberut tetapi kita lengketkan juga dengan kertas lain yang bergambar Tuhan Yesus . Jadi kita bisa menjelaskan . . . bayangkan jika gambar ini adalah seorang yang kamu benci . . . apa yang akan kamu lakukan??? . . anak-anak ada yang menyobek gambar tsb . . . ada yang menusuk mata dalam gambat tsb dengan pensil . . .akhirnya setelah anak-anak melakukan apa yang ingin dikehendaki lalu kita bisa jelaskan dengan memperlihatkan gambar yang ada didalamnya yaitu ada gambar Yesus. anak-anak pada kaget karena mereka juga telah merusak, menusuk mata Yesus. Jadi bagaimana kita bisa mengatakan mengasihi Yesus yang tidak kelihatan tetapi membenci ciptaan Yesus atau teman-teman kita??

Penyalaan lilin dan janji iman
mengajak anak-anak berjanji dalam hati melalui doa bahwa kita akan selalu mengasihi Yesus dengan mengasihi sesama, bisa memaafkan musush kita, serta kita bisa menjadi memancarkan terang kasih Tuhan lalu nak-anak satu per satu menyalakan lilin sebagai bukti janji iman mereka.

Pesan firmanNYa Bagaimana cara kita mengasihi Tuhan di dalam kehidupan ini ????



3. Refleksi Basuh kaki (indoor)

Prolog Basuhlah, bersihkan dirimu. Jauhkanlah perbuatan-perbuatanMu yang jahat dari depan mataku, Berhentilah berbuat jahat belajarlah berbuat baik. Sekalipun dosamu merah seperti kermizi, akan menjadi putih seperti salju dan sekalipun bewarna merah seperti kain kesumba akan menjadi putih seperti bulu domba.
Untuk acara basuh kaki, kita mengajak anak-anak saling membasuk kaki teman-temanya sambil minta maaf jika pernah membuat kesalahan dan berjanji akan selalu mengasihinya dengan tulus.

Pesan firManNya Belajar untuk dapat saling memaafkan, mengampuni seperti Tuhan telah mengampuni kita terlebih dahulu dengan memberikan nyawaNya untuk menebus dosa kita



Selamat Mencoba dan selamat melayani . . . . .





PASKAH = Kebangkitan Yesus = Hidup Baru


Guru sekolah minggu ada yang berperan sebagai badut sambil membawa 6 balon warna warni dan 1 balon hitam. kemudian MC guru sekolah minggu memanggil si penjual balon tsb. Lalu badut tsb membawa 1 balon hitam dan mendadak meletus lalu balon tsb menjadi balon berwarna merah kemudian balon merah meletus lagi menjadi balon putih (caranya: balon putih dimasukkan kedalam balon warna merah kemudian balon merah dimasukkan kedalam balon warna hitam, setelah itu dipompa balon warna putih demikian juga warna merah dan hitam namun harus ada rongga, tempelkan paku payung di sarung tangan sang badut tanpa diketahui anak-anak dan letuskan balon tsb)
Hitam : D O S A Merah : DARAH YESUS Putih : S U C I / Hidup Baru
jadi dengan darah Yesus dikayu salib dan kebangkitannya itulah menyucikan kita dari dosa dan kita akan mengalami hidup baru, hidup baru bagi anak-anak identik untuk meninggalkan sikap yang jelek dan melakukan perbuatan yang baik sturut firman Tuhan
Refleksi :
* Perbuatan apa yang selama ini anak-anak sudah lakukan terhadap ortu dan temannya
* Berani jujur mengakui kesalahan di hadapan Tuhan dan kemudian melakukan perbuatan baik sesuai firman Tuhan


Selamat melayani . . . . .









Tidak ada komentar:

Posting Komentar